Laman

Senin, 05 Desember 2016

Demam Berdarah Menjamah Desa Teko

demam berdarah Beberapa warga masyarakat Desa Teko sudah terserang Demam Berdarah, oleh karenanya diharapkan kepada seluruh warga Desa Teko supaya selalu berhati-hati dan tetap menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.
Demam berdarah tergolong penyakit yang bisa menyebabkan penderitanya mengalami kematian jika tidak mendapat pertolongan yang tepat. Penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, balita maupun dewasa. Penyakit ini merupakan penyakit akut yang dikarenakan virus dengue yang telah masuk ke tubuh dengan melewati peredaran darah manusia.
Penyakit Demam Berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes aegepty. Virus ini menyerang imunitas tubuh karena virus ini memproduksi zat yang melemahkannya. Sehingga jika dibiarkan dapat membuat trombosit dalam tubuh menurun secara drastic dan inilah yang menyebabkan terjadinya kematian.
Penyakit demam berdarah dengue atau yang lebih disingkat DBD bisa menjangkit di negara kita ini setiap tahun. Hal ini disebabkan karena perubahan musim yang sering terjadi di setiap tahunnya. Terlebih siklus perkembangan nyamuknya yang tergolong cepat dalam berkembang biak bisa mencapai 200 hingga 400 burit dalam seharinya. Walau pun disemprot mati, keesokan harinya bisa muncul lagi.

Gejala seseorang yang terkena demam berdarah antara lain:
  • Demam mendadak kadang disertai menggigil.
  • Nyeri-nyeri pada tubuh.
  • Timbul ruang pada saat awal panas.
  • Adanya pendarahan yang tampak dari dalam maupun dari luar.
  • Nyeri pada kepala atau pusing.
  • Susah buang air besar atau malah terjadi diare.
  • Perut terasa mual bahkan muntah dan nafsu makan berkurang.
Jika anda merasakan hal di atas sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan. Misalkan berobat ke dokter. Dokter akan memastikan penyakit yang anda alami. Terlebih jika demam anda tak kunjung turun. Harus segera periksa ke dokter terdekat. Pengecekan darah akan lebih bisa dipastikan apa yang sedang dialami pasien. Jangan sampai terlambat dalam penanganan penyakit demam berdarah. Sebab jika tidak ditangani dengan baik dan benar, bisa-bisa si penderita mengalami kematian.

Kondisi lingkungan yang kurang bersih juga bisa memicu nyamuk ini untuk semakin subur berkembang biak. Jagalah selalu pola hidup sehat dan bersih. Bilas kamar mandi anda secara berkala. Bersihkan tempat-tempat kotor di rumah dan lingkungan anda.

2 komentar:

  1. semoga smua warga desa TEKO terhindar dari penyakit2 seperti ini ...mari budayakan hidup bersih dari segalam bentuk sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga saja demikian halnya, insyaallah.

      Hapus